Hasil Video Slow-Motion Kamu Jelek? Perbaiki yuk! | Tutorial: Cara mengatur setting camera untuk merekam Slow Motion

Slow Motion mungkin menjadi alasan banyak orang untuk membuat video menjadi lebih menarik. Tetapi banyak orang yang melupakan setting camera mereka saat merekam video untuk Slow Motion. Sebenarnya, merekam video untuk Slow Motion bisa menggunakan camera apa saja dan setting yang biasa saja, namun pastinya kita semua ingin mendapatkan hasil yang maximal bukan? Well, gue akan menjelaskan bagaimana cara mengatur setting camera untuk merekam Slow Motion

Saat kita ingin merekam video untuk slow motion, usahakan menggunakan setting FPS tertinggi di kamera kalian. Apa itu FPS? FPS (Frame Per Second) adalah ukuran banyaknya gambar yang dihasilkan dalam 1 detik saat merekam video. Misalnya, kalian menaruh setting 30fps di kamera kalian, artinya dalam 1 detik kamera kalian mampu menangkap gambar sebanyak 30 foto saat merekam video.


Semakin tinggi FPS yang kalian gunakan, maka semakin tajam pula video yang kalian hasilkan, begitupun sebaliknya.

Untuk merekam slow motion, kita membutuhkan setting camera dengan FPS tertinggi, kenapa? Karena agar hasil video selow motion-nya menjadi mulus dan tidak patah patah. Jadi, jika kalian merekam video untuk slow motion namun hasilnya tidak mulus alias patah patah seperti stop motion, itu tandanya kalian menggunakan FPS yang terlalu rendah. Maka gunakanlah FPS tertinggi untuk merekam video jika ingin meng-editnya menjadi Slow Motion.


Berikut, cara mengubah setting FPS pada kamera Canon 600D. Mohon maaf untuk pengguna kamera lain, ini hanya berupa gambaran saja, gue yakin kalian bisa menemukan setting seperti berikut di kamera kalian masing-masing. 

1. Pencet Menu


2. Pilih kotak yang ke-2 di bagian  paling atas, yang ada gambar kamera videonya. Lalu pilih Movie Rec Size

3. Ubah Setting ke ukurang FPS tertinggi yang ada di kamera kalian. Karena kamera gue yang tertinggi adalah 50fps maka gue menggunakan setting tersebut. Lalu pencet tombol Set/Ok di kamera kalian


4. Setelah langkah ke 3 di lakukan, tutup bagian menu. Dan sekarang kalian bisa melihat, kamera kalian telah terpasang dengan setting yang sudah kalian lakukan tadi.


Sekarang kalian bisa merekam video Slow Motion dengan fps tinggi untuk mendapatkan hasil yang maximal. Enjoy! 

Silahkan tinggalkan komen untuk pertanyaan lebih lanjut, dan mungkin saran untuk tutorial selanjutnya.
Previous
Next Post »